Karya seni adalah suatu karya yang diciptakan manusia dengan ciri khas, nilai estetika dan juga maksud dan tujuannya tersendiri. Salah satu jenis karya seni tersebut adalah Grafiti. Grafiti adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan dalam membuat karya seni grafiti adalah cat semprot kaleng (PILOX). Walaupun dengan skill dan peralatan yang masih sederhana, konsep tulisan dan dinding menjadi media paling aman untuk mengekspresikan pendapat dari pembuatnya secara diam-diam. Hal ini membuat berekspresi dengan membuat seni grafiti sedikit terbatasi. Namun kini dengan kehadiran teknologi Realitas Virtual menjadikan karya seni grafiti semakin bebas dan tanpa batas. Bagaimana bisa?

Kingspray Graffiti, sebuah game simulator seni kini telah hadir sebagai angin segar bagi para pecinta karya seni grafiti di seluruh dunia. Sesuai dengan namanya, proyek game dari HTC Vive ini memberikanmu akses untuk memasuki dunia dimana kamu dapat membuat karya seni grafiti sepuasnya kapanpun sesuai yang kamu mau. Dan yang tidak kalah penting lagi, karya seni grafiti yang kamu buat di sini tidak akan merusak lingkungan dan mengganggu orang di sekita. Tak hanya sekadar menerapkan ragam cat dan warna, namun juga berusaha menawarkan physics yang memang dekat dengan dunia nyata. Simulasi efek cat dipengaruhi dari teknik, kedekatan jarak semprot, dan yang lainnya. Sebuah video gameplay perdana juga memperlihatkan seperti apa detail yang ditawarkannya termasuk kesempatan untuk memodifikasi efek cuaca dan juga kondisi pencahayaan.

Baca juga: 9 Aplikasi Seni VR: Membuat Karya Seni Kini Menjadi Mudah dan Bebas

Kamu juga akan dimanjakan dengan dukungan grafis tingkat tinggi yang ditawarkan aplikasi ini. Sebagai contoh, cat yang kamu gunakan dalam aplikasi ini sangat mirip dengan cat asli yang benar-benar menetes ketika kamu gunakan. Aplikasi ini juga didukung dengan lingkungan permainan yang memiliki tekstur tata ruang dan lingkungan yang sangat rinci. Bayangkan ketika kamu mempunyai banyak kaleng cat dan kamu mempunyai lingkungan perkotaan virtual sebagai kanvas dalam mengungkap ide ide kreatif kamu , cukup menarik bukan?

realitas virtual seni grafiti

Image Source : vrgamesfor

Kingspray juga menyediakan banyak pola dan desain yang bisa kamu gunakan sebagai dasar dalam pembuatan grafiti menggunakan aplikasi ini. Tidak sampai disitu saja, Kingspray juga menyediakan fitur scratch yang memungkinkanmu untuk mendesain sendiri pola grafiti yang kamu inginkan. Setelah karya grafitimu selesai, kamu bisa membagikan karya Masterpieces mu ke dalam fitur Gallery. Salah satu fitur favorit di aplikasi ini adalah fitur streaming musik yang dikontrol oleh sebuah Ghetto Blaster. The Kingspray Graffiti Simulator bisa berjalan pada Windows, OSX, dan Linux. The Kingspray Graffiti sendiri kini sudah tersedia di Steam.

Image Source : vrheads


Bebas berkarya dan mengekspresikan diri dengan Realitas Virtual

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Realitas Virtual simulator seni grafiti ini akan memberikan pengalaman yang tidak bisa disuguhkan oleh video game tradisional atau film pada umumnya. Aplikasi ini bukan sekadar aplikasi seni, melainkan sebuah aktivitas virtual di mana kamu menjalani sebuah kehidupan virtual sebagai seorang bomber (Seniman Grafiti), akan tetapi tenang saja, kamu tidak akan kejar-kejaran dengan polisi sebagaimana kehidupan bomber di dunia nyata. 

Realitas Virtual menghidupkan kembali gairah seni grafiti dan menjadikannya bebas, tanpa batas.