Belum lama ini produsen teknologi asal Tiongkok, Lenovo, memperkenalkan prototipe headset Augmented Reality (AR) dengan menargetkan pebisnis yang kerap bepergian.

Lenovo meluncurkan Lenovo AR Concept Glasses dalam konferensi Tech World di Beijing, November 2019. Headset ini berukuran kecil dan sangat mulus. Pengguna dapat menghubungkan headset ini ke PC melalui kabel. Ini artinya Lenovo Concept AR Glasses tidak memiliki system-on-a-chip atau SoC di dalamnya atau baterai tertanam seperti headset HoloLens buatan Microsoft.

headset AR lenovo

image source: lenovo

Lenovo AR Concept Glasses

Lenovo AR Concept Glasses dapat membuat penggunanya melakukan simulasi pada beragam monitor di dalamnya. Mereka tidak perlu khawatir ketahuan orang lain sebab headset ini menjaga kerahasiaan penggunaannya di tempat publik.

Masih belum jelas apakah Lenovo memang ingin membuat kacamata AR tersebut. Tetapi raksasa teknologi ini mengatakan bahwa pemakaian monitor virtual tersebut “hanyalah satu dari banyak fitur yang akan segera hadir pada kacamata AR terbaru Lenovo tersebut.” Hal ini bisa jadi mengindikasikan upaya Lenovo dalam menyempurnakan headset untuk pebisnis tersebut.

Baca Juga: Nabung Mulai Sekarang! Headset AR Apple Akan Mulai Produksi Masal di Akhir Tahun 2019

Hingga saat ini, perangkat ini mempunyai tiga sensor dan menyerupai optika sejenis tempat mandi burung, seperti headset Nreal yang diperkenalkan saat Consumer Electronics Show 2019. Hingga saat ini Lenovo masih belum merilis spesifikasi lengkap headset Lenovo AR Concept Glasses nya.

Pada Mei 2019, Lenovo merilis ThinkReality A6 HMD, sebuah headset AR seperti HoloLens yang menyasar aplikasi bisnis. Beberapa bulan setelahnya, perusahaan tersebut mengumumkan pembaharuan terhadap Lenovo Mirage AR, headset AR yang ditujukan bagi konsumen.


Penerapan AR dalam pabrik tingkatkan produktifitas dan kecepatan kerja karyawan

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Pada 2018, Lenovo meluncurkan Star Wars: Jedi Challenges (2018) dan game AR terbaru, MARVEL Dimension of Heroes. Kedua game ini kini telah dilengkapi dengan controller 6DOF. Star Wars pertama kali menjadi film pada Mei 1977 dengan judul Star Wars Episode IV: A New Hope. Star Wars: The Rise of Skywalker dijadwalkan akan tayang tahun ini sebagai bagian ketiga dari trilogi sekuel Star Wars setelah The Force Awakens (2015), The Last Jedi (2017) dan episode terakhir dari sembilan bagian dari kisah Skywalker.