Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang mengajak para penggunanya memasuki dunia virtual. Teknologi ini semakin berkembang dan sudah diaplikasikan ke berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan, termasuk pemanfaatan teknologi VR untuk pelajaran mikrogravitasi. 

Sebuah  proyek yang bernama Microsoft Garage dari Microgravity Lab, menyajikan proses pembelajaran bersama guru namun dengan cara baru dan interaktif untuk mengajar siswa sekolah menengah tentang konsep-konsep fisika yang kompleks dalam mikrogravitasi.

Pengalaman ini nantinya akan memungkinkan para siswa untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip fisika, seperti kekekalan momentum dan Hukum Gerak Newton, melalui konteks mikrogravitasi di bulan. Microgravity adalah konsep yang sulit untuk dijelaskan dan disimulasikan di Bumi, tetapi mungkin lebih mudah untuk mengajarkannya jika menggunakan bantuan dari VR.

Image Source : ytimg

The Microgravity Lab adalah hasil kolaborasi antara tim Microsoft di Vancouver dan NASA. Teknologi ini dapat mensimulasikan kondisi yang dialami oleh seorang astronot saat berada di luar angkasa, sehingga memudahkan siswa untuk memahami konsep fisika kompleks ini.

Baca juga: Belajar STEM Dengan AR Tingkatkan Minat Belajar Anak di Usia Dini

Konsep mikrogravitasi juga sering disalah pahami oleh para siswa yang belajar tentang astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Oleh karena itu, menyediakan perangkat VR memungkinkan mereka untuk dapat menjelajahi fenomena kehidupan di orbit menjadi cara yang terbaik untuk melibatkan siswa dan memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan percepatan gaya, massa, dan gravitasi.

vr pelajaran mikrogravitasi

Image Source : microsoft

Ketika para guru di sekolah tertarik untuk menggunakan VR dalam pelajaran mikrogravitasi di kelas, mereka dapat menghubungi Microsoft. Selain itu ada juga pelajaran secara luas diberikan yang sejalan dengan pengalaman, yang berlangsung selama 50 menit.


Virtual Reality tingkatkan level pemahaman dan kecepatan belajar anak

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Pengalaman yang diberikan The Microgravity Lab membuat sains jauh lebih menarik dan memperkenalkan konsep-konsep ini kepada siswa dengan cara ini dinilai sangat cocok karena sangat menginspirasi siswa dan memberikan pembelajaran yang akan selalu di ingat seumur hidup, serta meningkatkan keingin tahuan yang penuh gairah tentang dunia di sekitar mereka.