Pelatihan keselamatan VR sangat efektif dalam mengajarkan kesadaran situasional dan bertindak responsif dalam menyelamatkan jiwa ketika dalam situasi berbahaya. 

Keselamatan dan keamanan. Hal inilah yang menjadi salah satu hal utama bagi kebanyakan orang di dunia ini, karena merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas hidup dan masa depan keluarga. Tentunya ini juga sangat diutamakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia. Hal inilah yang menyebabkan dibuatnya sebuah peraturan yang menyangkut dalam keselamatan kerja seorang karyawan. Peraturan tersebut dinilai sebagai bentuk dari upaya dalam mengurangi berbagai hal tidak diinginkan yang menimpa dan membahayakan keselamatan karyawan dalam sebuah perusahaan karena berkaitan dengan produktifitas kerja. Selain itu, tentu ada biaya tambahan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk perawatan karyawan apabila terjadi insiden di lingkungan kerja.

Namun, apakah hal itu sudah cukup?

Tentunya ada faktor lain yang bisa membahayakan keselamatan para karyawan selain dari kecelakaan kerja. Faktor tersebut bisa saja muncul seperti terjadinya bencana alam contohnya gempa di tempat kerja, atau terjadinya sebuah kejahatan seperti perampokan bersenjata, atau ada karyawan lain yang membawa senjata api dalam perusahaan tersebut. Hal inilah yang memunculkan gagasan untuk di adakannya pelatihan keselamatan VR.

pelatihan keselamatan vr

Image source: venturbeat

Baca juga: Walmart Buktikan Bahwa Pelatihan Simulasi VR Dapat Selamatkan Jiwa

Alasan itulah yang membuat sebuah perusahaan bernama Pixvana meluncurkan pengalaman pelatihan Active Shooter Response yang menggunakan Realitas Virtual untuk lebih mempersiapkan para karyawan mereka dalam bereaksi jika terjadinya peristiwa pengguna senjata api menyerang kantor mereka. 

Dikembangkan bersama dengan perusahaan pelatihan taktis Alexo, sistem pelatihan keselamatan VR ini menggunakan video instruksional dan kuis interaktif untuk membekali setiap karyawan dengan informasi dan keterampilan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu yang singkat. Hal ini sangat membantu sekali ketika mereka berurusan dengan seorang penembak dalam kondisi yang sebenarnya di kehidupan nyata. 

pelatihan keselamatan vr

Image Source : vrfocus

Dalam video instruksional tersebut akan menampilkan seorang penegak hukum Drew Hancock, yang menjelaskan dengan simulasi virtual dalam menghadapi berbagai jenis skenario penembak aktif di berbagai lokasi, dan juga akan mengajarkan hal lainnya seperti tanda-tanda peringatan, konsep keselamatan, dan taktik dalam menyelamatkan jiwa dari bahaya. VR sangat efektif untuk mengajarkan kesadaran situasional dan respons menyelamatkan jiwa dalam skenario penembak aktif. Karena VR dapat memberikan karyawan praktik yang bernilai dan tidak dapat direplikasi dalam pelatihan khusus. 

pelatihan keselamatan vr

Image Source : cdn.geekwire


Virtual Reality media pelatihan yang efisien, lebih mudah di pahami dan hemat biaya

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Melihat kejahatan bersenjata api kerap terjadi di beberapa tempat, dengan adanya pelatihan keselamatan VR, diharapkan para karyawan mampu memahami dan memperagakan pelatihan penembakan pada saat menghadapi kejadian sebenarnya. VR memang sangat bermanfaat untuk simulasi pelatihan, oleh karena itu penggunaan VR digunakan oleh banyak perusahaan untuk simulasi pelatihan seperti penerbangan, militer , otomotif dan pabrik. Dan di masa depan, VR akan menjadi perangkat yang akan terus berinovasi dalam mendukung simulasi pelatihan yang lainnya dengan berbagai manfaatnya yang bisa di rasakan oleh manusia.