Museum adalah sebuah tempat institusi permanen, nirlaba untuk melayani kebutuhan publik dengan sifat terbuka. Tentunya dengan cara melakukan pengkoleksian benda sampai memamerkan benda bersejarah kepada masyarakat Indonesia, dengan tujuan kebutuhan studi, pendidikan dan hiburan. Adanya museum membuat Anda sebagai masyarakat bangsa Indonesia dapat mengenal dan mempelajari kebudayaan, sejarah serta adat yang ada di Indonesia.

Jika masa pendidikan, sebenarnya pengenalan museum sudah disampaikan dari SD (sekolah dasar) sampai ke tingkat SMA (sekolah menegah atas). Akan tetapi pembelajaran di sekolah ya hanya sebatas kecil untuk para siswa mengenal lebih dalam tentang budaya di negara ini. Selebihnya siswa atau Anda ingin mempelajari kebudayaan Indonesia, harus mencari informasi tepat yang berada di museum.

Museum – museum di Indonesia sudah banyak sekali, bahkan hampir di setiap kota besar dan kecil terdapat museum, dimana pada museum tersebut dapat mengenalkan Anda pada hal baru, dan budaya di kota itu sendiri.

Image result for museum bpk virtual

Contoh di Jakarta, ada museum fatahilla dan biasa disebut kota tua. Disana mengenalkan kita pada budaya Jakarta. Kemudian di Bandung ada Gedung sate, memperkenalkan budaya asli sunda. Dan masih banyak lagi museum lainnya.

Kunjungan masyarakat ke museum masih terbilang rendah, karna masih banyak masyarakat Indonesia yang perlu di edukasi mengenai pentingnya mengenal budaya. Karna pada saat di sekolah tidak cukup. Untuk itu perlu adanya satu perubahan pada gallery di museum. Agar dapat meningkatkan pengunjung museum.

Perubahan pada era digital sangat besar, dan pengaruh ke masyarakat juga besar. Ada satu cara agar setiap museum dapat meningkatkan pengunjung. Karna pola pikir masyarakat saat ini sudah berbeda, dibandingkan dengan dulu. Mereka butuh pengalaman berbeda, pengalaman menakjubkan dan pengalaman spesial.

Selengkapnya