Hingga saat ini, telah banyak sekali penerapan Augmented Reality dalam berbagai kebutuhan terutama untuk kepentingan bisnis. Walau belum menjangkau secara keseluruhan, namun sudah menunjukan dampak yang kuat dalam menarik perhatian penggunanya dan menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan, dan karena alasan itulah para pelaku bisnis satu-persatu memanfaatkan teknologi AR ini sebagai senjata dalam meningkatkan peluang sukses mereka. Augmented Reality (AR) pada umumnya berperan sebagai hub real time dan kombinasi teks yang terintegrasi, grafik, audio dan beberapa perangkat tambahan lainnya ke layar pelanggan dan menampilkan objek maya ke dunia nyata. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial, penyedia aplikasi Augmented Reality berfokus pada pengembangan layanan berbasis lokasi untuk perangkat seluler.
Biasanya konsumen menggunakan “perangkat keras” Augmented Reality yang mencakup ponsel pintar dengan GPS, kamera, kompas, dan teknologi pengindera tilt yang semuanya terintegrasi di dalam satu platform. Aplikasi Augmented Reality ini tentu menarik minat dari berbagai perusahaan, karena pelanggan dapat menggunakannya untuk menemukan lokasi atau produk dengan peta dan arah; pelanggan juga menggunakannya untuk mencari informasiĀ yang lebih mendalam mengenai produk tertentu. Perusahaan menggunakan ini sebagai peluang untuk mengontekstualisasikan produk dan mengirim pesan promosi yang dipersonalisasi kepada klien potensial mereka untuk upselling, cross selling dan meningkatkan pertumbuhan pendapatan.
Leave A Comment