5 Teknologi di Museum Digital dan Penerapannya di Indonesia

Digitalisasi museum kini merupakan hal yang wajib untuk diterapkan oleh museum-museum di Indonesia. Dan kini telah banyak museum besar di mancanegara yang telah menerapkannya.

Kenapa demikian?

Karena generasi milenial saat ini semakin tidak tertarik untuk berkunjung ke museum dan lebih senang menghabiskan waktu dengan gadgetnya yang merupakan sebuah barang digital dan multimedia, sehingga museum digital menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan utama yang di alami museum-museum saat ini, yaitu “sepi pengunjung”.

Dengan memberikan sentuhan teknologi dan multimedia ke dalam museum, tentu itu akan memicu minat masyarakat di jaman now untuk berkunjung ke museum. Museum digital memanfaatkan komputer untuk menyimpan, menggabungkan, mengambil, dan menyajikan informasi dari berbagai media, dan memungkinkan navigasi interaktif yang ditentukan pengguna melalui sebuah sumber. Basis data multimedia berupa teks, gambar, dan suara dapat dicari dengan cepat. Hasil pencarian dapat ditampilkan secara lokal atau dikomunikasikan melalui jaringan ke pengguna di lokasi yang jauh. Kemampuan ini membuka banyak kemungkinan di semua bidang kegiatan museum, termasuk pendidikan / interpretasi, kuratorial, penelitian dan dokumentasi.

Karakteristik Museum Digital

Merupakan media interaktif atau interaksi dua arah, yaitu pengguna bisa berinteraksi dengan media digital, dan media tersebut akan merespon sesuai dengan interaksi yang dilakukan oleh pengguna. Seperti contohnya adalah museum BPK RI Magelang dengan museum digitalnya yang telah menarik banyak perhatian pengunjung dengan berbagai teknologi yang dimilikinya seperti Augmented Reality (AR) dan Interactive Floor, juga museum Bank Indonesia (BI) yang tidak kalah keren dan menarik perhatian.

Kendati demikian, media interaktif tidak melulu merupakan multimedia, contohnya ensiklopedia digital dimana itu tidak mengharuskan pengguna untuk membaca dari awal hingga akhir dan medianya hanya berupa tulisan. Beberapa buku dikategorikan sebagai media interaktif apabila informasinya tergantung pada pilihan pembaca. Di dalam museum digital, multimedia interaktif dapat digunakan dengan berbagai cara.

 

Selengkapnya

Leave A Comment

%d bloggers like this: