3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Headset VR Supaya Tidak Menyesal

Pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) kini mulai ramai diterapkan oleh industri game dan simulator, sensasi obyek virtual 3D secara nyata yang ditawarkan VR tentu bukanlah hal yang bisa ditolak, khususnya bagi para hardcore gamer. Ditambah lagi kini sudah diciptakan jaket VR yang tidak hanya memberikan sensasi nyata secara visual, tetapi juga indra perasa oleh tubuh kita. Luar biasa sekali ya?

Terdapat beberapa perangkat yang harus kita gunakan untuk membuat sensasi virtual yang kita rasakan semakin nyata dan mendalam, yakni Headset VR, Glove VR, dan Walker VR.

  • VR Headset: untuk mensimulasikan gerakan kepala, dimana ketika kita menggerakan kepala ke arah tertentu di dunia nyata penglihatan kita di dalam dunia virtual akan ikut bergerak ke arah tersebut. Perangkat ini jugalah yang dapat membuatmu bisa mengintip ke dalam lingkungan virtual, dan bisa dibilang perangkat utama yang kamu butuhkan untuk bisa menikmati Virtual Reality.
  • Glove: merupakan pengembangan dari VR controller standard. Dimana VR controller standard seperti controller pada Nintendo Wii, VR glove mampu menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality, dan memberikan pengalaman gerakan tangan yang lebih dalam.
  • Walker: perangkat yang berfungsi untuk menangkap gerakan kaki. Ini mampu memberikan sensasi gerakan kaki seolah benar-benar sedang berjalan di dunia virtual. Tidak semua game VR membutuhkan perangkat ini untuk bisa dimainkan, tetapi ini merupakan perangkat yang bisa membawa pengalaman virtual menjadi semakin dalam.

Kalau kamu mulai tertarik untuk membeli perangkat VR, jangan buru-buru dulu ya. Karena tidak boleh sembarangan dalam membeli dan memilih headset VR, kamu tidak ingin kan kalau pengalaman Virtual Reality yang kamu nanti-nantikan pada akhirnya jadi rusak karena Headset VR yang tidak nyaman untuk digunakan.

3 hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih headset VR

Wired / Wireless
headset vr kabel

Headset VR Wired

headset vr wireless

Headset VR Wireless

Dalam penggunaannya untuk kedua jenis ini tidak jauh berbeda. Hanya saja wired untuk (dengan kabel) akan membatasi gerakanmu karena terbatas oleh panjang kabel yang terpasang, dan game mungkin akan sedikit lag dan itu akan merusak pengalaman virtualmu, sementara untuk wireless (tanpa kabel) akan memungkinkan lebih banyak gerakan.

Display VR
display headset vr

Display Headset VR

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman virtual yang lebih nyata dan asik, display VR merupakan hal yang harus dipertimbangkan dengan serius. Gak ingin kan kalau pengalaman virtualmu dirusak dengan tampilan yang blur atau grafis yang kurang mumpuni. Kecuali kalau budgetmu benar-benar terbatas, ya harus puas dengan display VR yang seadanya.

Desain VR
desain Headset VR

Desain Headset VR

Ketika kita bicara soal desain, dalam VR bukan hanya tentang tampilan keren saja. Yang terpenting adalah kenyamanan. Males banget kan kalo ketika lagi asik berselancar di dunia virtual tiba-tiba talinya jadi longgar, wajah keringetan, tambah gak nyaman di kulit wajah pula. Pilihlah desain VR yang paling nyaman untukmu, sehingga pengalaman virtualmu jadi tidak ada gangguan.

Disamping memilih headset VR, untuk memilih controller, walker dan jaket VR harus disesuaikan dengan game yang dimainkan, karena tidak semua game mendukung penggunaan Glove VR sehingga kamu harus menggunakan controller VR standard. VR walker juga sama, begitupun dengan VR Jacket.

By |2018-05-28T06:53:27+00:00May 28th, 2018|virtual reality|0 Comments

Leave A Comment

%d bloggers like this: