Sensasi Dunia Nyata Dengan Virtual Reality

Siapa yang tidak kenal Virtual Reality yang menjadi salah satu trend teknologi saat ini. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Virtual Reality melibatkan panca indera manusia. Membuat manusia seolah-olah berada pada situasi simulasi tersebut. Untuk itu diperlukan beberapa alat yang difungsikan untuk merangsang sensor-sensor indera manusia seperti helm, kacamata, sarung tangan, headset, walker, dan suit. Namun untuk saat ini, alat yang sering dijumpai di pasaran baru berupa kacamata yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan salah satunya adalah Google. Harganya pun bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari fasilitas yang dimilikinya. Biasanya kacamata virtual reality digunakan bersama dengan smartphone yang berfungsi untuk menampilkan video atau konten simulasi.

VR yang berkembang semakin pesat sekarang ini banyak diaplikasikan melalui berbagai bidang tidak hanya untuk game seperti dalam bidang pariwisata, VR secara teori bisa mensimulasikan diri penggunanya berkunjung ke berbagai negara yang ada atau dimanfaatkan untuk menyajikan gambaran dari berbagai tempat wisata, VR juga dapat digunakan untuk proses pembelajaran (seperti belajar memasak, latihan olahraga)

Sudah dipastikan VR akan menjadi salah satu teknologi yang akan terus berkembang. Kalian pasti bisa membayangkan dengan Virtual Reality kita dapat menembus batasan ruang dan waktu, karena kita melalui VR merasakan pengalaman di ruang lain.

By |2018-02-13T10:02:27+00:00February 13th, 2018|News|0 Comments

Leave A Comment

%d bloggers like this: